Secangkir Kopi Vietnam di Kala Turun Hujan


Kopi. Minuman favorit yang satu ini sudah tidak asing lagi terdengar di telinga para remaja, dewasa, dan bahkan semua kalangan khususnya bagi pecinta kopi sendiri. Dengan minuman ini, rasa kantuk yang menyelimuti kedua mata bisa tertahan hingga menembus langit pagi. Tidak cuma sekadar itu, kopi juga di gunakan sebagai penyambung tali silaturahmi.
Di kesempatan yang tidak disengaja ini saya berkesempatan untuk mencicipi nikmatnya Kopi Vietnam atau vietnam coffee di Robusta Cafe. Awal kisah *kayak dalangnya ovj saja:)* saya beserta temana-teman iseng menelusuri Kota Bangkalan di malam hari. Tidak tau kenapa, tiba-tiba saja langit Bangkalan tertutupi oleh hujan yang turun menghentikan perjalanan kami. Derasnya kucuran air hujan yang turun dari langit malam membuat kami terdampar di Jl. HOS. Cokroaminoto, Demangan. Tepat disebelah kanan robusta cafe yang saat ini lagi ngehits. Tidak berfikir panjang, kami yang sudah dibuat penasaran oleh cafe yang menjadi buah bibir ini langsung bergegas masuk tanpa sungkan meskipun baju kami sedikit berbekas oleh percikan air hujan.

Robusta Cafe (foto diambil dari halaman google)
Robusta Cafe merupakan cafe yang baru berdiri di tanah Bangkalan tepatnya di Jl. HOS. Cokroaminoto, Demangan. Cafe yang didominasi oleh warna merah dan putih ini memiliki 2 lantai. Lantai pertama cocok untuk mereka yang berumur lebih tua dan lantai dua pas buat mereka yang muda *tapi itu menurut saya*. Interiornya pun tidak membosankan, ditambah lagi dengan adanya miniatur robot yang sengaja di pajang untuk melengkapi keindahan dari cafe itu sendiri. Sepertinya seteguk kopi akan lebih terasa nikmatnya *haha*. Bukan hanya interiornya saja melainkan menu yang disuguhkan memiliki daya tarik yang tinggi untuk di coba oleh pengunjung, salah satunya Vietnam Coffee seperti yang saya pesan.
Penyajian Vietnam Coffe (foto diambil menggunakan Samsung Galaxy Grand Prime )
Vietnam Coffee ialah kopi yang berasal dari Vietnam. Jadi, buat teman-teman yang belum pernah singgah ke Vietnam setidaknya cobain dulu kopinya:) baru main-main ke negaranya :). Untuk menikmati secangkir Kopi Vietnam ini kita membutuhkan alat bantu yaitu alat penyeduh kopi yang terbuat dari baja tahan karat dan berbentuk seperti topi. Pada alat penyeduh ini terdapat bagian pinggir yang dapat ditumpu oleh cangkir kopi dan bagian tengahnya berbentuk silinder dan memiliki lubang-lubang kecil yang berfungsi untuk mengeluarkan kopi kedalam cangkir. Ets jangan salah, ada perbedaan nama pada Kopi Vietnam secara penyajiannya. Jika kopi disajikan dalam bentuk hangat (hot coffee) maka dinamakan dengan Cà phê sữa nong dan jika kopi disajikan dengan dicampur es (iced coffee) maka disebut Cà phê sữa đá ad.
Vietnam Coffe siap teguk (foto diambil menggunakan Samsung Galaxy Grand Prime )
Asam bercampur dengan rasa manis menjadi ciri khas dari Vietnam Coffee. Beda dengan Turkish Coffee yang meninggalkan rasa pahit disetiap tegukkannya, Vietnam Coffee dicampur dengan susu kental manis dalam penyeduhannya. Noted, buat saudara-saudara yang mau meneguk Kopi Vietnam pastikan dulu semua kopi yang ada di alat penyeduh pindah ke dalam cangkir dan diaduk hingga menyatu biar ndak terasa pahit. Karena susu kental manis yang dipasangkan buat melengkapi kenikmatan Vietnam Coffee sudah ada dalam dasar cangkir. Tinggal kita aduk hingga benar-benar menyatu dengan kopi  and then rasakan nikmatnya Vietnam Coffee.
Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
18 Januari 2017 18.08 delete

rasanya sama gak seperti kopo kopi biasa mas

Reply
avatar
M Firdaus
AUTHOR
18 Januari 2017 21.37 delete

beda Mbak, klu yg ini rasa asam dan manisnya melebur jadi satu.
Jdi recommended bngt klu Mbak blum pernah nyobain.

Reply
avatar
28 Januari 2017 07.13 delete

Bangkalan Madura kak?
Waaahhh aku ada keturunan nenek yang gatau keberapa asalnya dari sana...

Itu kopi Vietnam yang diminum Mirna juga terus mati gegara ada sianidanya. Hehehehe

Reply
avatar